Setup Menus in Admin Panel

M3 – Apa yang Wajib di Bahas oleh Seorang Leader dalam Sebuah Meeting

Apa yang Wajib di Bahas oleh Seorang Leader dalam Sebuah Meeting


Video Edukasi Keuangan MasterUang M3 [Make More Money] kali ini akan membahas tentang Apa yang Wajib di Bahas oleh Seorang Leader dalam Sebuah Meeting.

Hallo teman-teman semua ketemu lagi dengan Augustpepe bersama Master Uang dalam episode atau edisi Make More Money.

Kali ini saya mau bahas sedikit info tentang meeting apa sie topik bahasan yang biasa dibahas atau dibawakan dalam meeting tim penjualan. Apa sie biasanya topik yang dibawain kalau leader baru nanya ya saya mau bikin meeting dengan tim saya, saya harus ngomong apa ya. Nah bener kan karena apa waktu itu juga saya sempet bertanya hal yang sama waktu saya jadi follower tim member saya selalu catat apa yang leader saya omong sehingga waktu saya menjadi team leader kira-kira sedikit banyak saya udah tau apa yang harus diomongin. Jadi teman-teman yang belum ngerti sama sekali tiba-tiba hari ini jadi seorang leader dan anda diminta untuk memimpin sebuah meeting dalam tim penjualan anda apa yang anda harus bawakan.

Sekilas seperti ini sesuai kan dengan bisnis anda kalau bisnis insurance pasti tentang ini yang pertama production update. Anda siapin tuh data-data siapa team member yang punya closingan produksi nilai paling gede dan paling kecil lalu kalau bisa ada komparisign nya. Komparisign antara bulan ini dengan bulan kemarin atau taun ini dengan taun kemarin terus ranking biasanya. Sehingga dalam meeting menjadi agenda yang seru-seru an ya teman-teman bukan adu jotos bukan iri-iri an tapi seru-seru an. Mungkin bisa disediakan hadiah reward yang engga terlalu mahal tapi reward yang bisa dibilang bisa dirayakan bisa juga bentuk piagam atau bentuk piala atau apa pokoknya yang keren-keren, lucu-lucan dan juga yang fun.

Yang kedua adalah kita bahas tentang informasi mungkin ada sesuatu yang baru tentang industri kita jadi kita bisa pakai dalam perusahaan kita ada informasi apa yang uptudate ini waktu yang tepat untuk kita bahas. Sebelum meeting anda juga harus tau informasinya jangan dadakan malah nanti tim anda tau banyak jangan lalu harus ada proses menambah produk-produk kalau engga skill dari member kita pokoknya selalu ada yang ditambahin jadi bisa berupa training singkat, sharing session. Kayak tadi nie contoh orang no 1 dia coba sharing bagaimana dia bisa menghasilkan penjualan yang begitu besar untuk bulan ini ntar dia cerita, ceritanya harus lurus karena kan udah dikasih reward.

Jadi tergantung culture didalam perusahaan anda dalam bisnis anda ada engga tuh culture kalau semua culture nya owh semua rahasia dapur donk kalau culture nya seperti itu mana mungkin bisa sharing. Tapi kalau anda tidak dibiasakan culture nya tidak dibentuk sehingga sharing itu menjadi suatu yang menyenangkan tidak ada kerugian dalam sharing yang ada menambah informasi orang merasa bersyukur karena punya komunitas yang sangat mendukung. Jadi tergantung anda punya culture nya seperti apa lalu mungkin anda dapat informasi mungkin dari internal atau dari eksternal. Internal mungkin anda sendiri yang membawakan sebagai leader atau anda team leader anda atau orang lain yang membawakan motivasi supaya team member jadi lebih semangat atau eksternal.

Eksternal artinya anda bisa ngundang bos anda, anda bisa ngundang leader anda yang lebih tinggi lagi untuk datang mengisi acara. Atau bisa juga waktunya untuk praktising untuk member yang baru untuk menjadi seseorang speaker. Contoh suatu produk atau cara jualan yang udah diajarin team member lakukan roalplay dan yang lain memberikan inputan sebagai obsever. Jadi meeting menjadi hal yang menyenangkan, meeting menjadi hal yang fun sehingga meeting-meeting ke depan team member kita semangat untuk menjadi yang terbaik di ranking dapat reward. Bagaiamana di perusahaan anda bagaiamana di bisnis anda kalau lagi meeting bahasnya seperti apa atau dimarah-marahin gimana ini engga sampai target lalu dipecat.

Mungkin ditempat lain berbeda tapi kalau ditempat saya insurance gaya meetingnya seperti ini. Meeting harus dibawa fun, banyak hadiah lalu banyak tepuk tangan banyak kemerihaan terjadi di meeting mingguan ataupun bulanan. Yang pasti production yang dibahas karena kan kita bergerak dibidang penjualan jadi production harus ada lalu hal-hal penting yang lagi ngetrend yang lagi up harus dibahas lalu anda retchment. Bagaiamana kita bisa dipercaya team member kita baik itu dari sisi skill pokoknya kita harus tambahin. Mungkin meeting hanya berjalan 2 atau 3 jam tapi bisa mencakup semua ini kan luar biasa ya.

Jadi mereka datang meeting semangat keluar dari meeting itu tambah semangat lagi jadi apa yang dibahas dalam meeting sama team member anda ini adalah topik bahasan yang biasa kami lakukan. Sekali lagi saya kurang paham kalau dibisnis anda seperti apa mungkin anda bisa sesuaikan mungkin anda bisa atur kalau punya ide silahkan. Karena ide ini saya rasa hampir semua divisi penjualan melakukan hal ini tapi saya engga mau menebak-nebak dari tim anda sendiri yang mengatur ulang menyesuaikan kalau bisa dipakai. Sekali lagi ya sharing ini dengan tulus pakai lah sikap APBN (Ambil Positif Buang Negatif ) yang engga cocok dengan culture diperusahaan anda atau dibisnis anda jangan dipakai jadi anda hanya ambil yang positif-positif aja.

Saya sharing dengan lega anda pun terima ini sebagai suatu input atau inspirasi baik bisa dipakai atau tidak itu kembali lagi ke anda. Sampai ketemu lagi ya di video berikutnya dalam sesi make more money bersama saya Augustpepe dan Master Uang okey sampai ketemu lagi. Bye

M3- Apa yang Wajib Dilakukan oleh Seorang Leader Baru

Hey…Hallo…Selamat Pagi semua ketemu lagi dengan saya Augustpepe dan Master Uang dalam edisi kali ini make more money M3 kita akan bahas tentang hal basic dari seorang leader.

Apa yang harus seorang leader lakukan apapun bisnisnya mungkin seperti saya instansi apa yang harus dilakukan oleh seorang leader supaya punya tim yang bagus, tim yang berkembang, tim yang mau melakukan sesuai dengan visi dan misi yang leader itu tentukan. Yang pertama leader harus bisa ciptakan visi jadi visi adalah sesuatu yang target nya seperti ini. Bisnis ini mau dibawa kemana tujuannya apa jangka panjangnya apa jangka menengahnya apa jangka pendeknya apa. Sehingga ketika orang melihat visi orang lain menjadi tertarik orang lain tergerak untuk bergabung dalam organisasi anda.

Jadi sebuah organisasi sudah wajar memiliki visi, visi ini harus clear dan visi ini harus tertanam dalam hati masing-masing individu yang ada didalam organisasi anda. Yang kedua harus menciptakan atau menentukan foundation hal-hal yang bernilai tinggi yang dijadikan pondasi atau pilar dari organisasi anda. Contoh misalnya anda mengedepankan bagaiamana caranya menjadi seorang pemenang, bagaiamana menjadi seorang juara champion kalau anda membuat satu nilai ini udah pegang dengan teguh. Kayak gini contohnya family yang harmonis ini adalah satu nilai yang anda pegang dalam organisasi anda sehingga hal ini selalu dikedepankan dan inget dalam kenyataan nya nanti event-event yang diambil dalam perusahaan harus tidak boleh jauh-jauh dari nilai ini.

Apalagi misalnya fleksibel work kerjaan yang fleksibel jadi kasih tempatnya yang engga melulu dikantor bisa dilakukan dimana saja, dimall, direstoran, diluar kota, luar negri kalau memang pengen dirinya seperti itu nah itu yang harus dijaga. Jadi visi nya ada lalu punya value setelah punya value harus mulai bikin mengenai bisnis plan apa yang akan kita capai. Jadi mulai dari visi anda punya value baru ada bisnis plan. Jadi orang masuk ke organisasi bisnis kita orang ini akan tau bahwa 5tahun dari hari ini saya akan jadi apa, saya akan kemana bagus donk. Daripada hanya wah visi nya bagus value nya bagus tapi engga tau nanti orang gabung mau apa engga kita maunya itupun 5tahun kedepan 10tahun kedepan punya sesuatu yang kita harapkan bisnis plan.

Seperti apa bisnis plan nya anda bikin sendiri seperti yang anda jalani anda gelutin. Sebagai leader atau pemimpin pastikan kita selalu menjadi role model baik itu dari pribadi kita atau profesional kita harus jadi role yang bisa dicontek oleh tim kita. Kalau kita engga jadi role model nya lalu siapa yang membentuk visi dan value itu. Contoh value nya family harmoni tapi acara-acara yang dibikin member contoh ke tempat-tempat yang tidak mendukung family malah mendukung perpecahan family misalnya ke tempat-tempat high class atau apalah itu kan engga matching sama family.

Kalau value nya family mungkin event-event yang kita adakan secara role model keluarga kita pun harus harmonis. Liburan-liburan dan acara-acara diadakan ditempat yang ngumpulnya itu keluarga udah baru itu matching kalau engga repot juga. Lalu apalagi tugas seorang leader diselalu dimana pun bisa berhubungan realionhsip nya bagus sama semua member. Jadi selalu ada kontek spesial diperlakukan spesial leh leadernya tidak disama ratakan tapi diperlakukan secara adil dan ada continue realionhsip. Saya tau semakin besar suatu perusahaan yang team membernya puluhan ribu ini suatu kendala untuk kenal satu persatu membernya. Tapi bos besar pun engga perlu melakukan semuanya sendiri kan pasti ada mendelegasikan masing-masing head production mulai turun ke general manager supervisor dan masing-masing memegang team nya sendiri.

Makanya walaupun bos besar pasti memiliki leader-leader yang bisa dia percaya visi perusahaan ke team member sampai bagian bawah. Kalau saya dibisnis insurance engga selebar itu engga sebesar itu yang ada kita mampu untuk masih bisa ke handle untuk berbincang walaupun secara personal juga agak susah ya kalau member nya udah mulai banyak kita engga bisa satu persatu. Tapi kita bisa adakan satu event untuk family gathering dll kalau memang kondisi nya seperti itu. Jadi balik lagi ke masing-masing bisnis anda apapun itu bisnis anda perhatikan aja visi nya apa lalu value nya apa yang anda pegang dalam bisnis anda lalu punya bisnis plan yang kedepan orang masuk ke bisnis kita mau jadi apa.

Terus kita jadi role model nya dan perlu membangun realionhsip kepada seluruh member supaya visi yang kita harapkan nyampe. Tentunya dibalik visi ada keuntungan sosial, keuntungan pribadi, keuntungan financial dibalik visi itu udah mencakup semua. Jadi apa sie peranan penting yang dasar bagi seorang leader anda sudah tau dan paham bahwa seorang leader harus punya visi selain visi punya value pada prinsip-prinsip dasar yang anda pegang teguh untuk menjalankan bisnis anda baru ada bisnis plan anda menjadi role model nya siapa lagi yang menjadi role model kalau bukan anda. Lalu anda terus mengupayakan bisa menjalin hubungan dengan seluruh team member anda itu adalah hal yang penting yang basic untuk kita jalanin terus.

Bagi seorang leader job basic nya adalah itu. Okeh masih banyak sebenarnya hal-hal yang berhubungan dengan leader yang saya bahas mungkin satu persatu dan video-video berikutnya. Bagaiamana caranya make more money kalau kita sendiri engga tau visi kita apa yang penting jalan hari-hari lah kita engga mau yang kayak begitu. Kita mau yang terarah profesional sehingga kita bisa mencapai visi impian kita beragam jauh lebih efektif. Masing-masing orang merasa dirinya dihargain sesuai dengan pertumbuhan bisnis kita. Okeh teman-teman sampai ketemu di video berikutnya bersama saya Augustpepe dan Master Uang sampai ketemu lagi. Bye


Subscribe Gratis ke MailingList MasterUang untuk mendapatkan Tips Keuangan Terbaru!

cukup masukan nama dan email aktif anda di formulir dibawah ini:


Subscribe Gratis ke iTunes Podcast!

Buka iTunes Podcast lalu search pakai keyword MasterUang atau klik disini!


#masteruang bersama augustpepe
#augustpepe
#masteruang
#video edukasi keuangan
#video literasi keuangan
#tips sukses keuangan
#kiat sukses finansial
#kelola uang
#tips keuangan
#personal finance
#perencanaan keuangan
#financial planning
#make more money
#cara memulai bisnis
#kiat membangun bisnis
#agen asuransi
#leader asuransi
#cara menjual yang berhasil
#cara membangun tim

0 responses on "M3 - Apa yang Wajib di Bahas oleh Seorang Leader dalam Sebuah Meeting"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X