Setup Menus in Admin Panel

M5-1 Dana Simpanan Pihak Ketiga

Dana Simpanan Pihak Ketiga


Hey, Good Morning…Good Morning…Good Morning!
Ketemu lagi dengan saya Augustpepe dan MasterUang

Dan kali ini saya membahas tentang Master Uang 5 menit yaitu Edukasi Keuangan dalam waktu 5 menit cukup singkat yaa… Ada satu topik bahasan yang sangat menarik pagi hari ini saya baca di detik.com ya detik finance khususnya ada teguran dari Bapak Presiden Jokowi ke Bank Nasional yaitu tentang keasikan kumpulkan tabungan dari masyarakat atau kita suka sebutnya DPK (Dana Pihak Ketiga).

Kenapa Pak Presiden menegur Bank Nasional mengenai tabungan yang mengendap ini?

Ya karena tabungan itu setelah saya baca ternyata kebanyakan pihak Bank Nasional ini mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan atau deposito yaa tapi menyalurkan kredit hanya ke orang-orang atau ke nasabah yang itu-itu lagi sehingga tidak banyak masyarakat baru atau nasabah baru yang tersentuh dengan uang simpanan yang ada di bank masing-masing.

Saat ini saya akan kasih sedikit gambaran kenapa penting sekali walau kita punya uang jangan hanya taruh ditabungan, okey seperti ini gambaran simple nya. Pada dasarnya kan kita bekerja kan ya atau mungkin berbisnis pasti tujuannya untuk cari uang ini udah sangat wajar yaa. Nah setelah dapat uang kita bayar-bayar dan pasti sisanya kita tabung. Nah kalau hanya ditabung nanti akhirnya ujung-ujung nya uangnya tidak berputar lebih cepat.

Kita bandingkan sekarang ini kalau yang biasa rumah tangga sekarang kita lihatnya bank, kalau bank nah seperti ini misalnya bank. Bank menawarkan produk dalam bentuk apa?DPK yaitu simpanan yang tadi saya bilang bisa itu tabungan simpanan,tabungan rekening berjangka atau deposito dll.

Tujuan mereka adalah untuk bisa untung besar yaa mereka harus menyalurkan kredit karena kredit membuat bank memiliki margin yang cukup untuk membayar biaya operasional dan tentunya ada margin nya. Yaa kalau kredit berarti ada margin atau ada keuntungan misalnya orang simpan uang dibank dapat hanya 5% 1 per tahun yaa. Sementara kalau dikreditin misalnya bisa 10% per tahun jadi ada selisih 5% disini keuntungan bank.

Jadi kenapa Bapak Presiden menegur penyaluran kreditnya kurang maksimal karena berhentinya disini nih ini dia berhenti sehingga apa sehingga penyaluran kredit tidak banyak dari jumlah uang yang diterima. Karena kalau kredit itu bisa berjalan berlangsung itu akan ada yang namanya putaran roda ekonomi.

Lalau ada roda putaran ekonomi sehingga masyarakat luas memiliki uang yaa walaupun melalui kredit memiliki uang untuk usaha dan usaha nya itu akhirnya bisa menghasilkan margin lagi. Kalau ada putaran ekonomi artinya ada daya beli masyarakat yang bertumbuh.nah ini yang diharapkan pemerintah supaya uang yang ada dibank simpanan itu harus disalurkan. Kalau kita melihat alasan kenapa sih bank kok nyimpen terima uang dari masyarakat lalu berhenti, kenapa waktu penyaluran kreditnya tuh apa namanya itu sangat sedikit, nah karena engga bisa disalahkan juga ya karena dalam kondisi yang sulit misalnya bank akan lebih cari aman lah ibaratnya.

Bank akan lebih baik simpan uang dari pihak ketiga dan dia akan simpan uangnya dalam bentuk sertifikat bank Indonesia atau yang lain yang sifatnya jg jauh lebih aman. Misalnya walaupun provitnya hanya 1% bahkan 2% dengan provit lebih sedikit tapi jauh lebih aman. Ini yang menyebabkan mereka tidak gencar untuk menawarkan kredit. Jadi serba bingun yaa kalau putaran ekonomi nya tidak bertumbuh penyaluran kredit pun pasti otomatis tidak akan bertumbuh. Nah sementara kalau mau bikin putaran roda ekonomi nya bertumbuh yaa otomatis harus dari sisi kredit nya harus gencar. Jadi apa ya maju kena mundur kena gitu.

Jadi bagaimana kita menyikapinya kalau dari sisi bisnis misalnya kalau dari sisi bisnis. Bisnis kita pasti cari uang juga sama kan kalau ada setelah bayar operasional ada uang yang ditabung, ini juga sama kalau fokusnya untuk menumpuk tabungan atau bisa dibilang uang ini akan menjadi seperti laut mati. Jadi air mengalir ke laut tersebut dan laut tersebut tidak mengalirkan kembali sehingga laut mati yang di timur tengah saya pernah baca itu kadar garam nya itu tinggi sekali sehingga hanya sedikit jenis hewan atau ikan yang bisa bertahan di air seperti itu bahkan bisa dibilang engga ada kehidupan akhirnya dibilangnya laut mati.

Sementara yang kita mau adalah ya seperti laut normal, laut normal adalah laut yang menerima air baik itu dari hujan maupun dari pegunungan dan disalurkan kembali melalui sungai-sungai itu yang akan jauh lebih baik. Jadi kalau kita bicara bisnis, bisnis kita dapat uang dan apa yang harus kita lakukan yaitu uangnya harus diinvestasikan.

Investasikan nya dalam bentuk apa?

Bisa investasi dalam bentuk kembali ke bisnis uangnya dikembalikan ke bisnis dalam bentuk mungkin nambahin stok barang, beli peralatan mesin baru atau menambah karyawan baru untuk bisnis nya bertumbuh lebih cepat lebih besar pertumbuhannya seperti itu.

Jadi terus kalau sudah diinvestasi lama-lama berputar ekonomi perusahaan berputar,ekonomi bisnis berputar lalu apa yang harus dilakukan lagi?

ya para pengusaha pembisnis harus lebih jeli lagi diinvestasikan atau bahasa sekarang bahasa kerennya itu di “diversify” yaa di diversifikasikan artinya apa misalnya kalau bisnis nya saat ini toko handphone gitu ya mungkin diversifikasi yang paling deket adalah toko aksesoris atau service handphone atau naik ke atas menjadi distributor handphone atau distributor service handphone dll. Hal ini yang biasa orang lakukan supaya uangnya itu tidak diem uangnya tidak mati disuatu tempat.

Okey, jadi bicara tentang uang simpanan yang kurang di distribusikan oleh pihak bank nasional kalau kita ambil pelajarannya untuk keuangan kita bersama kita juga bisa lakukan dengan cara selama belum ada tabungan yang buat di investasikan ya berarti harus berbisnis atau bekerja lebih giat sehingga keuangan kita bisa meningkat,keuangan kita bisa naik dan bisa menutupi bahkan ada lebihnya dari biaya hidup yang biasa kita bayarkan dari situ mulai kita menabung sedikit demi sedikit.

Okeyy, jadi sekian tips 5 menit dari saya kita ketemu lagi di video-video berikutnya dengan topik yang lain topik yang berbeda sehingga temen-temen semua yang menonton atau menyaksikan video ini paling tidak setiap pagi bisa menambah satu ilmu keuangan baru.

Okey everything is good, sampai ketemu dengan Augustpepe dan Master Uang dalam program master uang 5 menit.

Sampai ketemu di video berikutnya

>>>>>>Tonton juga video MasterUang 5 Menit – M5-2 Tips Keuangan untuk OrangTua Baru

Salam
Augustpepe

Subscribe Gratis ke MailingList MasterUang untuk mendapatkan Tips Keuangan Terbaru!

cukup masukan nama dan email aktif anda di formulir dibawah ini:


Subscribe Gratis ke iTunes Podcast!

Buka iTunes Podcast lalu search pakai keyword MasterUang atau klik disini!


0 responses on "M5-1 Dana Simpanan Pihak Ketiga"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X