Setup Menus in Admin Panel

Kartu ATM Tertelan Mesin, Jangan Panik Dulu

Siapa yang gak terserang panik kalau kartu ATM tertelan mesin. Sementara lagi banyak banget urusan yang mau dilakukan melalui kartu ATM tersebut, bayar tagihan, transfer ke orang, mau ambil uang tunai, dan sebagainya. Kalau sampai tertelan mesin ATM, bakalan jadi ribet urusannya, bahkan bisa menimbulkan kerugian finansial seperti pembayaran tagihan jadi tertunda dan molor dan bisa terkena resiko terkena bunga, untuk tagihan hutang atau cicilan seperti kartu kredit, KPR, KPM, KTA dan tagihan lain yang membutuhkan ketepatan waktu dalam pembayarannya.

Apa yang harus dilakukan ketika kartu ATM anda tertelan mesin? saya punya tips nya karena hari ini saya juga ngalami hal yang sama.

Mau tahu tips dan trik nya supaya kita tidak terkena serangan panik ketika kartu ATM tertelan mesin?

Okay, langkah pertama yang sangat penting:

Jangan pergi dari mesin ATM tempat kartu ATM anda tertelan, jika ada orang lain yang mau memakai mesin ATM tersebut, beritahu saja bahwa kartu anda baru saja tertelan, biasanya orang akan mikir dua kali untuk tetap memakai mesin ATM yang baru makan korban.

Segera telpon hotline customer service bank penerbit kartu ATM anda, dan laporkan kejadian nya, seperti lokasi kejadian, bila perlu catat nomor mesin ATM yang tertera di sebelah kanan dari mesin ATM nya. Segera minta kartu ATM anda untuk di blokir, untuk menghindari kejadian yang tidak terduga yang bisa terjadi.

Untuk bisa minta kartu ATM di blokir, pastikan anda sendiri adalah pemilik rekening atas kartu ATM yang tertelan, catat nomor rekening bank anda, akan ada screening pertanyaan standard dari bank untuk membuka data anda. Jangan coba-coba minta blokir untuk kartu orang lain, seperti punya istri/suami anda, karena gak bakalan bisa dan dilayani.

Langkah Kedua

Pihak bank akan meminta anda untuk datang ke kantor cabang terdekat (jika tidak ada perubahan data anda seperti alamat dan tandatangan), namun jika anda ada perubahan data akan diarahkan ke kantor cabang dimana anda membuka rekening bank tersebut.

Jika kejadian di hari kerja akan sangat mudah, tetapi jika kejadiannya di akhir pekan atau hari libur, maka prosesnya bisa jadi tertunda.

Kebetulan kejadian hari ini masih hari sabtu, jadi saya bisa datang ke bank yang ada di Mall yang biasanya masih buka untuk weekend banking.

Langkah Ketiga

Sebelum ke bank yang akan anda tuju, pastikan anda membawa buku tabungan bank atas kartu ATM yang tertelan, KTP asli dan ingat nomor PIN dari kartu ATM tersebut.

Dan siapkan kesabaran untuk mengantri untuk bisa dilayani di customer service bank anda.

Langkah Keempat

Customer service bank anda akan meminta anda untuk menandatangani surat pernyataan kehilangan kartu ATM dan penggantiannya, sehingga mereka bisa mengeluarkan kartu ATM yang baru. Jika anda butuh waktu yang cepat supaya kartu ATM bisa dipakai kembali, mintalah jenis kartu ATM yang instan tanpa nama anda tercetak dikartu, sebab untuk mendapat nama tercetak di kartu ATM, biasanya pihak bank akan meminta waktu lebih untuk mencetaknya dan baru bisa dipakai kartu ATM yang baru (biasanya 5-7 hari proses).

Pastikan anda merubah PIN kartu ATM anda dengan PIN yang baru, untuk jaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan.

Langkah Kelima

Setelah kartu ATM baru anda terima, silahkan di test apakah sudah bisa dipakai untuk bertransaksi kembali. Buruan deh bayar tuh tagihan, jangan sampai kena bunga atau denda.

Mohon diingat, jangan sering-sering ketelan ya kartu ATM nya, butuh waktu dan energi untuk ngurusnya, prioritas bisa berubah hanya untuk ngurusin hal seperti ini.

Kalau ada laporan ada kartu orang lain baru saja tertelan di mesin ATM, lebih baik hindari mesin ATM ya dan cari yang lain. Atau kalau waktu dimasukin kartu ATM nya susah banget atau kaya macet, lebih baik cari mesin yang lain, emang mesin ATM dia doang.

Okay, sekilas kejadian hari ini, kartu ATM ketelan mesin.

Semoga informasi ini berguna.

Happy Weekend

Stay Strong!

Augustpepe

0 responses on "Kartu ATM Tertelan Mesin, Jangan Panik Dulu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X