Setup Menus in Admin Panel

M5-27 Pemasaran Asuransi Lewat Digital, Lalu Gimana Nasib Agen

Pemasaran Asuransi Lewat Digital, Lalu Gimana Nasib Agen?


Video Edukasi Keuangan MasterUang 5 Menit kali ini akan membahas tentang Distribusi Pemasaran Asuransi Lewat Digital, Lalu Gimana Nasib Agen.

Kali ini saya mau bahas satu artikel bagus nie dari detik.com tentang dunia asuransi disini ditulis pemasaran asuransi bisa lewat HP terus gimana nasib agentnya jadi sekarang era digital semuanya digital. Apakah nasib dari agent asuransi ini akan hilang saya engga tau kedepannya tapi saya bisa ulas sedikit hal ini. Seperti biasa kita oret-oretan dulu jadi era digital berhubungan dengan nasib agen asuransi bagaiamana kah ke depannya nasib agen asuransi nah kita bahas dulu dasarnya. Produk asuransi ini apa yang dijual? Jual barang, jual layanan, atau jual apa sebenarnya kalau bisa tarik yang paling simple adalah yang dijual adalah produknya janji.

Kalau udah janji pasti jualan clausa polis sebenarnya produknya ini bukan jualan bukunya, bukan jualan janji agentnya tapi yang dijual adalah ini clausa polis karena dari situlah hukum dari sebuah produk asuransi baru berjalan karena adanya clausa polis. Terus bagaiamana status sekarang di Indonesia seperti apa sie Insurance di Indonesia berdasarkan data dari AAJI Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia mereka menuliskan bahwa omset penjualan asuransi itu datangnya masih dari agent asuransi. Jadi tidak bisa dipungkiri penjualan terbesar kontribusi terbesar masih tetap agent asuransi.

Terus sisa nya siapa ada yang melalui bank assurance terus mereka juga menjual lewat telemarketing kalau anda suka ditawarin kartu kredit tuh kerja sama dengan kartu kredit A B C misalnya ditawarin anda mau asuransi bla bla suaranya direkam udah itu langsung terdaftar karena mereka menjual berdasarkan rekaman. Kalau di bank dijualnya ada meja khusus di bank disitu mereka duduk jualan buat nawarin. Ada juga broker menjual berbagai asuransi mereka kumpul jadi satu dan sekarang ada satu lagi channelnya namanya digital karena kan era digital.

Bagaiamana nasibnya sie agent ini nanti kalau nanti penjualannya semua sudah digital karena apa-apa semua dijual lewat handphone termasuk asuransi why not. Kalau kita lihat dari produk dasarnya tadi produk asuransi produknya janji dijual adalah clausa kenapa di Indonesia agent masih terus bertumbuh penjelasan nya seperti ini karena masyarakat yang ada sekarang di Indonesia itu pemahaman tentang literasi keuangan apalagi asuransi itu masih sangat rendah engga ngerti produk keuangan apa itu keuangan apa itu asuransi engga ngerti makanya masih sangat dibutuhkan face to face atau dijelasinnya secara personal. Dan masih ada lagi yang diperlukan yaitu share emosion karena insurance itu bukan produk yang bisa anda lihat terus anda bisa beli.

Orang masih banyak yang tidak merasa butuh asuransi tapi ketika dijelaskan melalui agent kenapa anda harus beli asuransi efek apa yang anda alami ketika anda engga punya asuransi dan bagaiamana asuransi bisa menolong keluarga anda disitu baru orang terbuka baru mau beli. Kalau engga diedukasi seperti itu orang akan beli nya handphone, baju, kulkas, mobil, motor, jalan-jalan ke restaurant, makan-makan enak, nongkrong-nongkrong cantik kalau engga di edukasi otomatis pergi nya uang kesitu. Jadi karena perlu emosi jadi ada sentuhan manusia makanya teknologi saja tidak cukup.

Bahkan sekarang agent-agent sudah pakai Ipad sudah tidak menjual dengan kertas mereka pun sudah memakai teknologi. Tapi kalau teknologi nya belang orangnya engga ada itu engga bisa belum bisa saya engga tau kalau 10 atau 20 tahun kedepan di Indonesia ini mungkin orang beli asuransi udah kayak orang beli botol air minum yang kayak di fending mesin masukin koin keluar botol minum nya nah mungkin seperti itu saya engga tau. Tapi yang sekarang ada adalah masih seperti ini jadi kesimpulan nya agent asuransi itu tidak akan tergerus oleh adanya teknologi dan hal-hal yang berbau digital.

Kesimpulan saat ini ya saya engga tau deh kalau 10 atau 20 tahun kedepan. Saya ada pengalaman saya ada teman dia sangat aktif di dunia aktivis dan asuransi juga dia sangat aktif pernah mengadakan studi banding asuransi di Jepang salah satu negara maju ya mungkin kita ketinggalan 40 50 tahun dengan Jepang disana semua serba teknologi serba mesin serba digital dan anehnya orang-orang Jepang disana memberi asuransi tetap lewat agent karena apa mereka melihat profesi agent ini profesi yang mulia dan mereka mau ketika mereka membeli asuransi dan ketika mereka mau dilayanin secara personal mereka mau dilayanin secara human touch mereka tidak mau dilayani seperti mesin.

Sakit pencet ini keluar formulir klaim mereka engga mau seperti itu padahal mungkin mereka bisa bikin seperti itu. Tapi di Jepang sendiri mereka masih sangat basic untuk urusan asuransi mereka masih percaya dengan agent dan agent nya itu pun harus orang yang mereka kenal, agentnya itu harus orang yang mereka percaya. Jadi makanya ini saya simpulkan kesimpulan nya agent asuransi tidak akan tergerus dengan digital. Bagi teman-teman yang mau memulai atau lagi pikir atau baru aja dikenalin satu bisnis insurance anda lagi mikir nanti ke depan bisnisnya ilang engga nie jangan anda udah capek-capek eh semuanya ilang.

Anda perlu lihat video saya ini sekalian promosi kalau anda mau berdiskusi juga tentang asuransi bisa langsung ketemu sama saya bisa chat saya, saya punya pemahaman yang cukup banyak tentang asuransi walaupun terus ditambah-tambahin bisa tuker pikiran tentang anda jadi anda tidak memulai strech banget anda bisa memulai dengan informasi yang lebih tepat okey sekian ya promosi saya. Jadi era digital apakah nasib agent asuransi akan tergerus jawabannya untuk saat ini tidak karena sudah dibuktikan di Indonesia sudah dibuktikan tidak bisa jual teknologi belang, di Jepang pun tidak bisa di negara yang sudah maju.

Kita masih bangsa Asia masih butuh manusia lain perlu sosial makanya profesi sebagai agent asuransi ini dalam waktu dekat tidak akan tergerus oleh kemajuan teknologi dan digital. Okey teman-teman kalau anda suka dengan video ini seperti biasa likes lalu share. Nah saya akan bahas video-video berikutnya yang lebih menarik yang ada hubungannya dengan keuangan ada hubungannya dengan gimana cara duit kelola duit okey. Sampai ketemu lagi dengan saya Augustpepe bersama Master Uang edukasi 5menit.


Subscribe Gratis ke MailingList MasterUang untuk mendapatkan Tips Keuangan Terbaru!

cukup masukan nama dan email aktif anda di formulir dibawah ini:


Subscribe Gratis ke iTunes Podcast!

Buka iTunes Podcast lalu search pakai keyword MasterUang atau klik disini!


0 responses on "M5-27 Pemasaran Asuransi Lewat Digital, Lalu Gimana Nasib Agen"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X