Setup Menus in Admin Panel

M5-29 Siapa yang Mendominasi Belanja Online di Indonesia

Siapa yang Mendominasi Belanja Online di Indonesia


Video Edukasi Keuangan MasterUang 5 Menit kali ini akan membahas tentang Siapa yang Mendominasi Belanja Online di Indonesia.

Kali ini kita mau bahas tentang sesuatu yang lagi trend banget yaitu tentang dominasi belanja online di tanah air. Wah kok hari ini kita engga bahas keuangan, engga bahas cara kelola keuangan pagi ini kita ngebahas tentang kemana uang ini pergi yang lagi banyak disorot sekarang bahkan pemerintah bilang bukan ekonominya yang sulit tapi uangnya berpindah. Tadinya dibelanjakan secara offline orang pergi ke toko lihat barang lalu membeli sekarang pindah semua belanja nya dari handphone atau dari laptop. Jadi di viva.co.id ada satu artikel bagus bahwa dominasi belanja online di tanah air itu dikuasai no 1 tokopedia dan no 2 adalah traveloka.

Tokopedia adalah marketplace untuk belanja barang atau apapun, traveloka adalah marketplace untuk penjualan tiket pesawat online dan semua yang ada hubungan dengan travel. Kita sedikit bahas disini yang ketiga kalau engga salah saya baca disini anda bisa baca juga nanti yang ketiga kalau engga salah itu gojek, yang keempat yang paling besar di tanah air adalah Bukalapak untuk detailnya baca disitu saya hanya mau highlit sedikit tentang yang penting-penting. Jadi belanja online ini sudah 5 tahun terakhir sudah booming dan sudah makin hari makin besar.

Dari artikel tersebut bisa saya pelajari jadi survey dilakukan oleh IT sharing vision mereka melakukan survey tentang belanja online di Indonesia. Jadi saat ini 80% belanja online itu terjadi di marketplace, marketplace itu apa ya seperti tokopedia dan bukalapak dimana ada pembeli ada penjualnya dan ada orang midle man nya yaitu seperti perusahaan tokopedia dan bukalapak adalah sebagai orang tengahnya. Jadi 80% belanja nya di marketplace barang apa yang paling terpopuler itu yang perlu kita tau karena kalau nanti misalnya anda mau berbisnis atau mau ikutan jual online ini bisa jadi informasi yang berguna juga.

Yang pertama adalah gadget itu masih no 1 barang paling laku yang kedua adalah fashion. Jadi gadget fashion, gadget apa engga dijelasin tapi yang pasti tadi pagi saya denger diradio yang punya sim no handphone yang tercatat di Indonesia itu jumlahnya 367 jutaan nomor. Sementara penduduk Indonesia aja 250 juta artinya 360 berbanding 250 artinya hampir satu orang satu setengah nomor mantap yaa berarti kan jumlah handpone nya juga seperti itu. Apalagi yang bisa dibelanjakan selain gadget dan fashion selanjutnya adalah food makanan selain makanan ada pembelian pulsa handpone.

Terus ada juga pembelian voucher listrik itu udah mulai loh ternyata voucher listrik itu udah mulai beli nya online jadi udah pada males datang ke toko-toko retail hanya untuk isi voucher listrik sekarang udah pada pindah pembeliannya. Pembelian tiket perjalanan, tiket bioskop nah ini juga udah mulai belinya online semua sekarang. Survey tersebut mereka tanya kenapa belinya di marketplace gitu alasannya apa sie kalau boleh tau yang pertama jawabannya karena kelengkapan produk apa ajah tuh ada di marketplace dari barang yang murah mahal saya liat terakhir ada jual motor, mobil disalah satu marketplace di Indonesia.

Yang kedua adalah promonya pun mantap-mantap jual mobil ajah bisa 0% bunga 0% engga tau yaa pembayarannya berapa lama mungkin setaun mungkin dua taun itu kan luar biasa sekali. Bisa-bisa nanti pabrik ke marketplace akhirnya engga proses mobil lagi pekerjaan yang beresiko untuk hilang karena digantikan oleh teknologi. Kenapa di marketplace mereka bilang ini praktis jadi saya engga perlu nawar-nawar lah diboongin lah sama toko sebelah saya engga perlu begitu-begitu jadi praktis harganya udah jelas, pengirimannya jelas.

Yang keempat yang paling penting yaitu smarthpone friendly apa nie artinya semua transaksi bisa dilakukan di smartphone. Jadi engga perlu laptop, komputer lewat smarthpone saja mereka sudah bisa transaksi bisa jual bisa beli. Jadi menurut IT sharing vision itu ini mereka bilang jadi mereka memprediksi tahun-tahun kedepan penjualan online ini presante nya tetep naik dan bisa tumbuh dua digit mantep ya. Dua digit kan artinya diatas 10% pertumbuhan transaksi online di Indonesia gitu jadi ini suatu peluang bagi anda yang mau coba-coba belajar jualan online atau beli online belum percaya masih takut dari data ini bisa kita lihat bahwa kedepan trend masih sangat bagus.

Bagaimana caranya kenapa mereka yakin sekali bahwa akan naik dua digit ini pertumbuhan online transaksi online yang pertama apakah mereka sudah membiriks incomers di Indonesia ini sudah membiriks yang pertama adalah UKM gimana caranya usaha kecil menengah ini barang-barang nya bisa di ekspose dipromosikan dalam bentuk marketplace jadi dipasarkan ke marketplace. Yang kedua koperasi-koperasi pun sekarang sudah mulai diajarin untuk gimana caranya jualan online.

Yang ketiga adalah yang lebih seru lagi nie jadi pedagang kaki lima pun sekarang jual online wih mantap jadi pedagang kaki lima pun jual online. Terus kedepan pemesanan tiket untuk apapun tiketnya itu akan diperkirakan bisa naik 90% dari yang sudah ada sekarang. Jadi bagi teman-teman yang mungkin mau berbisnis yang produknya ada hubungannya dengan travelling berarti anda harus siapkan sarana, struktur, infrastuktur yang berhubungan dengan online apa ajah itu saya rasa banyak sekali. Jadi teman-teman udah harus update tentang bisnis online dari sekarang karena diprediksi akan terus bertumbuh dua digit kedepannya.

Dan kenapa orang mau belanja di marketplace karena empat alasan ini kelengkapan produk, promo, praktis handphone saja sudah bisa transaksi dari handphone sudah bisa cetak duit. Barang-barang terpopuler saat ini adalah gadget dan fashion dan kedepan akan berlanjut dengan makanan, penjualan pulsa dan isi ulang lalu tiket-tiket seperti itu. Jadi engga kaget juga ya taun kemarin banyak sekali diberitakan toko-toko retail yang besar-besar tutup mau besar mau kecil bahkan toko retail yang sudah beroperasi belasan taun puluhan taun juga ikut tutup.

Kenapa mereka engga beradaptasi untuk pindah ke online saya rasa mereka pun sudah melakukannya hanya menunggu timming nya aja atau justru mereka menutup retail offline nya karena sudah berpindah ke online. Jadi dunia kita ke depan akan semakin canggih, semakin gampang, semakin mudah orang untuk mengambil sesuatu jadi kita harus mengikuti trend. Kalau kita engga ikutin trend jadi kita sendiri yang akan masalah susah cari barang karena belum percaya sama belanja online nanti kita sendiri yang akan ketinggalan.

Okey teman-teman jadi video edukasi kali ini bukan tentang tips kelola uang atau gimana caranya mengelola uang tapi tentang perubahan kemana uang ini peredaran uang ini pindah kemana nah itu yang perlu kita update juga teman-teman. Jadi jangan lupa kalau anda suka video ini anda likes anda share ke teman-teman anda gampang kan itu semua bisa dilakukan. Jadi kita akan ketemu lagi dengan video edukasi berikutnya dengan saya Augustpepe dan Master Uang okey sampai ketemu lagi.


Subscribe Gratis ke MailingList MasterUang untuk mendapatkan Tips Keuangan Terbaru!

cukup masukan nama dan email aktif anda di formulir dibawah ini:


Subscribe Gratis ke iTunes Podcast!

Buka iTunes Podcast lalu search pakai keyword MasterUang atau klik disini!


0 responses on "M5-29 Siapa yang Mendominasi Belanja Online di Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X