Setup Menus in Admin Panel

M5-31 Tips Supaya Cicilan KPR tidak Mengguncang Keuangan Keluarga

Tips Supaya Cicilan KPR tidak Mengguncang Keuangan Keluarga


Video Edukasi Keuangan MasterUang 5 Menit kali ini akan membahas tentang Tips Supaya Cicilan KPR tidak Mengguncang Keuangan Keluarga.

Hari ini ada saya baca satu artikel bagus di tips&klik dari tabloid bintang dan aura.co.id tentang gimana sie cara nya supaya KPR tidak menggangu keuangan keluarga. Tips nya ada bagus-bagus teman-teman juga bisa baca nanti lebih lanjut kesitu ini saya hanya bahas yang garis besarnya ajah sehingga simple nya ajah. Jadi KPR ini kan ngutang ya kredit kepemilikan rumah yaa hutang dan kalau hutang itu artinya membuat komitmen untuk bayar balik gitu ya. Dan ini biasanya kredit ada yang sampai 10 bahkan 20 tahun diluar negri bahkan sampai panjang banget lebih dari 25 tahun juga ada kalau diluar negri.

Karena harga disana tinggi banget propertinya di Indonesia udah mulai nie 10 tahun, 25 tahun ampe 50 tahun. Jadi dengan harapan kredit semakin murah artinya semakin banyak terbuka peluang untuk seluruh masyarakat bisa memiliki rumah dengan cicilan yang terjangkau tentunya dengan syarta-syarat dan ketentuan. Tips nya apa supaya tidak menganggu keuangan keluarga gitu pastikan cicilan untuk KPR ini harus lebih kecil 30% dari penghasilan ini biasanya udah di ada juga peraturannya waktu kita kredit KPR rumah ada aturannya jadi tidak boleh lebih dari 30%.

Walaupun kadang-kadang masih boros juga sie nah terus bunga kalau bisa cari bunga yang first and trap. Memang sie first and trap 5 tahun pernah sie satu bank keluarin nyampe 6tahun atau 7tahun. Tapi akan lebih bermanfaat nie karena bunga trap dengan bunga ngambang atau bunga floting biasanya abis first and trap 5 tahun terus nanti tahun ke 6 dst nya itu juga sama sie floting juga lebih mending kan ini first and trap nya daripada floting dari tahun pertama. Mulai dari satu tahun pertama udah floting karena apa misalnya first and trap 7% floting nanti bisa 12% mengikuti pasar.

Tapi rugi nya first and trap adalah kalau bunga nya turun dia tetep 7% jadi ada plus minus nya itu yang harus kita pahami. Terus selain KPR bisa juga sie cicil ke debkolektor biasanya sekarang debkolektor yang gede-gede cicil juga bisa loh 60x saya engga tau ya ada gk ya sampai 120x kayaknya sie engga ada ya paling maksimal kayaknya 60x deh berarti kan 5tahun dengan bunga yang lebih rendah karena uangnya kan masuk ke debkolektor sendiri uangnya bisa dipakai untuk ngembangin yang lain lebih cepat lah seperti itu.

Ada juga kalau yang mau flat KPR nya yang syariah saya kurang paham detail dari KPR syariah tapi yang saya denger dari teman saya kalau KPR syariah kalau sudah menentukan bunga yaudah segitu terus. Tapi pasti yang namanya juga bank pasti ada unsur perhitungannya maksudnya apakah dia bisa lebih murah dari first and trap sekian tahun 7 misalnya pasti ada hitungannya engga mungkin juga perjanjiannya/akad nya kena cas nya berapa pasti diitung juga dengan tingkat pengembaliannya ini kalau engga yaa engga muter duitnya. Kalau engga muter engga ada pertumbuhan dari bank nya sendiri jadi pasti ada hitung-hitung annya.

Anda pelajari sendiri dengan kemampuan tadi dengan kemampuan 30% dari penghasilan gimana caranya KPR ini tidak menganggu keuangan anda keuangan keluarga anda secara keseluruhan. Saya pernah mengalami masalahnya KPR saya dari cicilan yang 5juta misalnya per bulan tiba-tiba jadi 9juta. Karena apa waktu itu 5 juta lagi program promo fiks and flat sekian persen saya lupa bunga nya berapa pokoknya jadi 5 cicilannya setelah jalan 2tahun masuk ke fliting dan hari itu bunga lagi tinggi dan masuk jadi 8,5. Otomatis mengurangi penghasilan saya 3,5 itu sangat berat.

Waktu keadaan krisis moneter dulu tahun 98 itu banyak sekali orang-orang yang engga mampu bayar KPR karena belum 98 bunga nya masih flat masih terjangkau. Begitu 98 bungan tinggi sekali sehingga orang engga sanggup bayar dan rumahnya banyak disita. Kita engga mau itu terjadi sama keluarga kita kan makanya dalam berhutang apalagi ini KPR jaminannya adalah rumah kita sendiri selama rumah itu belum lunas selama anda masih KPR walaupun cicilannya kurang sebulan itu masih rumah bank. Itu bukan rumah anda kalau anda engga mampu bayar walaupun sisa 1bulan itu bisa diambil oleh bank dijual untuk menutupi hutangnya yang tidak terbayar seperti itu.

Jadi hati-hati kita harus waspada dalam berhutang paling enak sie beli cash tapi engga ada uangnya pak kalau engga ngutang nanti engga kebeli-beli rumahnya jadi dilema juga ya. Engga dibeli harga naik nungguin duitnya engga ke uber-uber kalau dibeli sekarang duitnya engga ada anda yang putusin sendiri itu. Jadi anda rancang keuangan anda supaya walaupun contoh 30% misalnya bunga nya naik cicilannya anda masih bisa handle dari penghasilan anda okey. Jadi cukup sekian video tentang KPR gimana caranya menyikapi supaya KPR kita tidak mengguncang keuangan keluarga dengan cara seperti tadi okey.

Teman-teman semua cukup video master uang 5menit dari saya ketemu lagi dengan video-video berikutnya bersama Augustpepe dan Master Uang.


Subscribe Gratis ke MailingList MasterUang untuk mendapatkan Tips Keuangan Terbaru!

cukup masukan nama dan email aktif anda di formulir dibawah ini:


Subscribe Gratis ke iTunes Podcast!

Buka iTunes Podcast lalu search pakai keyword MasterUang atau klik disini!


#augustpepe
#masteruang
#video edukasi keuangan
#video literasi keuangan
#tips sukses keuangan
#kiat sukses finansial
#kelola uang
#tips keuangan
#personal finance
#perencanaan keuangan
#financial planning

0 responses on "M5-31 Tips Supaya Cicilan KPR tidak Mengguncang Keuangan Keluarga"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X