Setup Menus in Admin Panel

M5-4 Cara Mencairkan Tabungan Orang Tua yang sudah Meninggal


Hey, Hallo…Hallo…Hallo…
Selamat Pagi…Selamat Pagi…Selamat Pagi…

Ketemu lagi dengan Augustpepe disini dengan MasterUang…

Yaa kali ini kita akan membahas atau sharing sedikit tentang satu artikel bagus dari TribunLifeStyle yang membahas tentang mengambil uang atau mencairkan tabungan yang nasabahnya sendiri sudah meninggal dunia (almarhum). Jadi disini dikisahkan, ada seorang anak yang mau ambil uang / tabungan orang tua nya yang sudah meninggal dan apa yang terjadi selanjutnya, yang terjadi adalah anak itu menangis, kenapa menangis?  karena uang nya tidak bisa ditarik. kenapa tidak bisa ditarik? kita bahas sedikit informasi nya kali ini okey.

Jadi kita mau bahas bagaiamana cara mengambil uang ditabungan milik Relatif atau mungkin orang tua atau adik atau kakak gitu yaa yang status orangnya sudah meninggal, kita akan bahas diseputar ini.

Memang sudah ketentuan dan persyaratan dari semua lembaga keuangan seperti bank ataupun lembaga keuangan lain yang ada bahwa kalau orang sebagai pihak pemilik rekening nya meninggal dunia, maka secara otomatis rekening itu statusnya berubah yaitu menjadi status Dormant.

Apa itu status Dormant?

Kalau status sudah berubah menjadi Dormant artinya statusnya beku freezz atau dibekukan untuk sementara waktu, maka untuk bisa mencairkan rekening yang sudah beku ini diperlukan persyaratan waris yang berlaku di Indoneisa.

Apa saja kah persyaratan dari waris ini?

Beberapa kali saya coba ke bank untuk melihat persyaratan nya, dan berdasarkan pengalaman pribadi saya pernah alami juga ketika orang tua saya dipanggil Tuhan meninggal dunia dan saya harus mengurus syarat-syarat nya. Jadi yang seingat saya syaratnya adalah seperti ini.

Yang pertama kita harus siapkan fotocopy KTP, Kartu Keluarga dari almarhum, itu udah syarat multak.

Yang kedua adalah buku tabungan asli dari almarhum, ini juga udah wajib.

Yang ketiga adalah fotocopy KTP, Kartu Keluarga dari ahli waris, ini bisa suami, bisa istri, bisa anak atau kalau dia hanya ada seorang diri misal kakaknya yang meninggal, tinggal adiknya saja, ya berarti adiknya sebagai ahli waris.

Tapi tidak hanya itu saja, ada lagi syaratnya, surat keterangan ahli waris asli dan ditambah lagi dengan surat pernyataan bahwa ahli waris yang mengajukan pencairan ini yang valid.

Ditambah lagi dengan surat kuasa bermaterai cukup dan harus asli, karena pihak bank pun tidak mau disalahkan apabila dana nya kalau sudah dicairkan.

Khusus untuk surat keterangan ahli waris dan surat pernyataan waris, kedua hal ini yang menjadi krusial atau sering membuat uang tidak bisa cair, karena kalau ahli waris nya valid secara hukum, maksudnya sudah jelas seperti orang tua nya yang meninggal dan anaknya sebagai ahli waris dan tidak ada yang lain yang mengajukan keberatan / tuntutan ke pengadilan. Ada surat kematian yang harus diurus dan tidak ada claim apapun dari pihak lain maka ini akan sangat mudah untuk keluarnya.

Tapi kalau sampai terjadi konflik misalnya ada tiba-tiba ahli waris lain yang mengaku bahwa dia juga anak dari Almarhum, atau ada yang mengaku sebagai anak adopsi dari Almarhum, sehingga harus diselesaikan di pengadilan, maka akan butuh proses pengadilan untuk mendapatkan dua surat ini. Hal inilah yang menyebabkan bank tidak mau cepat-cepat cairkan uang.

Kalau dana nya itu dibawah 10 juta, makasurat keterangannya cukup minta dilegalisir oleh Lurah atau Camat tapi kalau dana diatas 10 juta maka harus ditambah lagi dengan Notaris.

Jadi banyak kendala ketika terjadi ketika seseorang meninggal dunia dan meninggalkan beberapa harta waris khususnya rekening di bank, itu tidak bisa dicairkan karena syarat-syarat nya tidak dipenuhi atau belum bisa dipenuhi, sehingga terjadi seperti ini. Kebayang ya, kalau misalnya didalam rekening itu sudah tercatat biaya-biaya yang auto debet misalnya biaya listrik, biaya apa semua hutang kartu kredit atau apa dan rekening ini tidak bisa ditutup dan hutang tersebut tidak bisa dialihkan, maka rekening ini saldonya pelan-pelan habis, belum lagi dipotong biaya administrasi, biaya teknitransaksi, dll yaa.

Pelan-pelan ini saldo bisa habis gitu sehingga dengan adanya proses mengurus ke pengadilan dulu, maka bisa jadi ahli waris akan kaget karena pas sudah selesai proses pengadilan dan menumukan akhirnya malah uang yang mau ditarik sudah habis, sudah tidak ada karena sudah dipakai semua untuk membayar biaya-biaya. Jadi kita harus perhatikan ketika ada sanak saudara atau kerabat dekat atau orang tua yang meninggal dunia, kita harus paham bagaiamana cara mengklaim atau bagaimana cara mencairkan dana yang tersisa yang ada.

Berlaku juga untuk kepemilikan lain contoh untuk properti, atau mungkin ada beli saham disuatu broker atau manajer investasi yaitu sama. Pokoknya yang namanya perpindahan kepemilikan seluruh rekening status nya berubah jadi dormant dulu dan dilanjutkan dengan persyaratan waris ini yang harus kita perhatikan okey. Ktp,buku tabungan, kartu keluarga ahli waris yang agak sulit yang ini yang kita harus bener-bener perhatikan.

Beberapa kesempatan kalau semuanya lancar ini bisa diproses dalam waktu kurang dari satu bulan, sudah bisa selesai semuanya tapi kalau ada perdebatan ada konflik pertidaksetujuan dari antara keluarga siapa ahli waris yang sah gitu, ini bisa berbulan-bulan, bertahun-tahun belasan tahun ini bisa panjang ceritanya. Ini bukan tentang mengurus administrasi lagi tapi sudah mulai masuk ke ranah hukum dan saya tidak bahas rana hukum nya disini, setuju?

Jadi, bagi temen-temen yang punya keluarga yang meninggal dunia, langsung bisa diurus dengan melihat syarat-syarat seperti ini. Syarat-syarat ini tidak berlaku untuk semua bank yaa, karena masing-masing bank ada syarat berbeda-beda, ini yang menurut pengalaman pribadi saya saja.

Jadi semoga informasi ini berguna teman-teman, jadi kalau mau dipakai yaa silahkan, atau setidaknya bisa jadi informasi singkat, atau panduan yang simple untuk tips keuangan anda sehari-hari, okey?

Nah cukup untuk tips kali ini mengenai bagaimana cara mengambil uang ditabungan orang / kerabat yang sudah meninggal dunia.

Bagi anda yang suka video ini anda boleh likes atau kalau anda melihat atau mendengar video ini bermanfaat buat teman-teman anda, mungkin anda bisa tag teman-teman anda atau anda bisa share ke timeline di facebook teman-teman anda itu, sehingga mereka pun bisa mendapatkan informasi yang berguna, Deal?

Jadi sekian video edukasi 5 menit ini dengan saya Augustpepe dan MasterUang sampai ketemu di video berikutnya. Bye

>>>>>Tonton video berikut ini – M5-5 Pilihan Alternatif Hutang dan Pinjaman melalui Peer 2 Peer Lending

Salam,
Augustpepe


Subscribe Gratis ke MailingList MasterUang untuk mendapatkan Tips Keuangan Terbaru!

cukup masukan nama dan email aktif anda di formulir dibawah ini:


Subscribe Gratis ke iTunes Podcast!

Buka iTunes Podcast lalu search pakai keyword MasterUang atau klik disini!


0 responses on "M5-4 Cara Mencairkan Tabungan Orang Tua yang sudah Meninggal"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X