Setup Menus in Admin Panel

M5-40 Teliti Pilih Jurusan Kuliah supaya tidak menyesali kemudian

Teliti Pilih Jurusan Kuliah supaya tidak menyesali kemudian


Video Edukasi Keuangan MasterUang 5 Menit kali ini akan membahas tentang Teliti Pilih Jurusan Kuliah supaya tidak menyesali kemudian.

Good Morning…Selamat Pagi…Bapak Ibu dan rekan-rekan sekalian dengan saya Augustpepe disini bersama Master Uang kita dalam program Master Uang 5menit.

Kali ini membahas sedikit tentang pendidikan anak-anak kita atau mungkin anda sendiri yang mau kuliah gitu. Ini ada satu artikel bagus dari kompas.com saya baca ini teliti jurusan agar tak sesali kemudian. Seperti apa artikelnya yuk kita oret-oretan dikit jadi pendidikan yang tinggi apakah menjamin bisa masuk kerja jawabannya menurut saya sie engga ya karena pendidikan tinggi kembali lagi ke peluang yang ada dan juga seberapa besar anda masuk ke bidang yang anda geluti. Jadi waktu kita dari SMU kan kita pilih bisa IPA bisa IPS kan kita pilih untuk jurusan kuliah.

Sekarang jaman kan udah canggih ya kalau dulu jaman saya hanya testsikologi aja. Sekarang kan banyak ada test bakat ada test minat, ada test personality banyak sekarang jaman teknologi kemajuan dunia pendidikan sudah sangat tinggi. Waktu anak kita atau teman-teman atau sodara pilih jurusan kuliah kita pastikan ini udah dilakuin dulu sehingga kita sudah kenal. Kenal apa kenal minat dan potensi diri kita walaupun masih kecil tapi kita udah paham dulu. Karena kalau kita sudah kenal kita bagus nya di verbal, bagus di logika atau bagus nya di musical atau arts.

Minat kita potensi kita bisa pilih yang sesuai sehingga waktu belajar kita semangat dan sepenuh hati. Orang suka bilangnya wah udah sesuai dengan fashion gitu nah ini penting karena banyak sekali entah itu dijaman saya dulu atau dijaman sekarang yakin masih banyak kuliah ikut ambil pilihan jurusan karena mau nyenengin orang tua karena mama maunya saya kuliah di kedokteran padahal anaknya suka desain, anak saya suka bisnis padahal kedokteran. Jadi bercampur aduk kepentingan sehingga ketika anaknya menjalankan proses kuliah yaudah seadanya ajah jadi kita tidak melakukan dengan semangat dan sepenuh hati.

Jadi akan lebih baik lagi makanya kalau kita bisa memahami kita kenal pertama pilih jurusan lalu kita kenal dulu minat kita apa akan lebih bagus lagi kalau kita sudah tau karakter atau kepribadian karena kalau udah tau kebribadian ini. Pertama bagaiamana kita bisa beradaptasi dalam dunia sekolah,kuliah atau kerja sebenarnya sudah bisa dimulai beradaptasi. Apalagi di dunia kerja ya ada yang namanya pengenalan lingkungan, bersosial kadang-kadang ada juga berkualitik dalam dunia kerja tidak bisa dipungkiri ada hal-hal kayak begitu.

Jadi bagaiamana kita bisa beradaptasi terus bagaiamana daya tahan kita terhadap stress tekanan kerja. Bagaiamana kita bisa tau bahwa kita ini orangnya tahan atau orangnya ada masalah sedikit saya lebih baik kabur lebih baik saya meninggalkan masalah itu karena saya engga mau stress bisa aja kan ada orang seperti itu. Seberapa cepat anda bisa kerja mungkin anda bisa liat dari jaman SMA sekarang, kuliah dalam hitung-hitung an lambat orang lain bisa cepat hitung-hitung an tapi saya kok lambat ya atau secara fisik anda bisa bekerja lebih cepat tapi secara logika anda berpikirnya agak lambat berarti pilih jurusan yang disesuaikan.

Stabilitas emosi bagaimana anda bisa mengontrol misalnya dalam hal perdebatan anda tidak bisa dikatakan dalam berpendapat bagaiamana anda mengontrol emosi apakah mudah marah atau masih bisa bernegosiasi. Nah ini kan kalau anda tau diri anda lebih bagus donk, ketelitian ini juga penting ngerjain cepet tapi salah semua akhirnya kerjain lagi ulang lebih lambat makan waktu, buang energi macam-macam. Bagaiamana anda termotivasi diri susah untuk memotivasi diri kalau anda tidak semangat atau melakukannya setengah hati.

Kenapa bisa engga sepenuh hati karena bukan fashion, kenapa bukan fashion anda karena salah pilih jurusan kuliah kenapa salah pilih karena tidak memenuhi bakat akhirnya begitu terus. Jadi sebelum memilih biasanya awal-awal tahun udah mulai opening tuh perkuliahan, universitas-universitas udah mulai bisa daftar jadi pastikan jaman sekarang disekolah udah ada test minat pastikan sesuai fashion anda jauh lebih enak karena anda merasa tidak seperti bekerja anda hanya seperti melakukan hobi atau kesenangan. Jadi untuk kuliah anda bersyukur orang tua bisa biaya in atau anda perlu bayar sendiri.

Apalagi yang bayar sendiri harus bener-bener pilih jurusan kuliah anda yakin bahwa dengan kuliah tersebut bisa membawa masa depan anda lebih cerah. Bayar sendiri lagi artinya sambil kuliah sambil kerja itu bener-bener engga boleh salah pilihan harus yang bener-bener tepat buat anda. Video edukasi keuangan kali ini kita bahas tentang pendidikan karena pendidikan bagian yang penting untuk menghasilkan uang. Kalau tidak berpendidikan kita tidak teredukasi semakin tidak teredukasi semakin sulit untuk mencari uang bukan berarti harus punya sertifikat sarjana. Diri kita yang teredukasi diri kita yang tau apa yang lagi trend apa yang harus dikerjain analisa dll itu yang lebih penting.

Cukup sekian video saya kali ini anda boleh likes anda boleh share ke teman-teman yang lain informasi yang berguna dan bermanfaat. Okey bersama saya Augustpepe dan Master Uang di video berikutnya. Bye


Subscribe Gratis ke MailingList MasterUang untuk mendapatkan Tips Keuangan Terbaru!

cukup masukan nama dan email aktif anda di formulir dibawah ini:


Subscribe Gratis ke iTunes Podcast!

Buka iTunes Podcast lalu search pakai keyword MasterUang atau klik disini!


#augustpepe
#masteruang
#video edukasi keuangan
#video literasi keuangan
#tips sukses keuangan
#kiat sukses finansial
#kelola uang
#tips keuangan
#personal finance
#perencanaan keuangan
#financial planning

0 responses on "M5-40 Teliti Pilih Jurusan Kuliah supaya tidak menyesali kemudian"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X