Setup Menus in Admin Panel

M5-5 Pilihan Alternatif Hutang dan Pinjaman melalui Peer 2 Peer Lending


Hallo…Hallo…Hallo… Kembali lagi dengan Augustpepe disini dengan MasterUang!

Hari ini kita akan belajar sedikit informasi tentang tips keuangan dalam serial MasterUang 5 menit.

Yaa kali ini kita akan membahas tentang hutang. Hayoo siapa yang engga punya hutang yaa saya rasa semua orang punya hutang hanya sebagian kecil saja yang enggak punya hutang. Tapi hutang nya bukan hutang sama bank atau hutang sama teman, ini ada salah satu industri sedang bertumbuh yaa REPUBLIKA.co.id

Disini memberitakan bahwa Industri Fintech Peer to Peer Lending ini sangat pesat pertumbuhannya apa sie vintage peer to peer lending itu sama saja dengan meminjam antara orang individu-individu tapi dijembatani oleh sebuah perusahaan yang mempertemukan antara pemilik modal dan orang yang membutuhkan modal.

Jadi industri ini sangat bagus pertumbuhannya dan saya rasa akan semakin bertumbuh cepat yaa dan kita sebagai orang awam atau orang biasa, kita bisa melihat ini sebagai peluang untuk berinvestasi atau untuk menumbuhkan uang kita bersama dengan pertumbuhan industri ini juga.

Okey saya sedikit coret-coret seperti biasa apa sie itu peer to peer kayak buah yaa [Pear] gitu. Jadi peer to peer lending itu basisnya adalah FINTECH singkatan dari Financial Technology, fintech ini banyak dipakai sekarang diindustri pembayaran keuangan khususnya pembayaran melalui handphone yaa transfer dana mungkin kalau kita boleh sebut ada go-pay, ada ovo, ada telkomsel itu juga bisa dipakai untuk pembayaran dan banyak lainnya itu adalah fintech. Tapi kita engga bahas fintech secara umum kita akan bahas peer to peer lending gimana caranya alternatif untuk ngutang atau minta pinjaman ke orang individu yang kita engga kenal tapi bisa terjadi itu menarik.

Berapa besar pangsa pasar bisnis Peer 2 Peer di Indonesia?

Jadi menurut republika tadi jadi total pembiayaan yang sudah disalurkan melalui peer to peer ini 2016 itu 200M, 2017 itu 2,5 Triliun kebayang gak jadi pertumbuhan nya dalam 1tahun itu 10x lipat yaa karena mungkin orang melihat wah pinjam ke bank syaratnya banyak sekali sehingga mereka mencoba alternatif ini baik itu yang meminjam atau yang minjamin uang.

Dan saat ini sudah ada 210 perusahaan yang terdaftar dalam fintech ini dan setau saya industri ini sedang dipantau diawasi oleh OJK/ lembaga pemantau keuangan investasi yang ada di Indonesia karena ini sensitif jangan sampai nanti pemilik dana pinjamkan uang ke orang, lalu orang itu sebulan dua bulan bayar cicilan dan terus menghilang, repot yaa atau malah sebaliknya gitu orang mau pinjam uang engga ada juga yang mau pinjemin karena udah kapok gitu yaa.

Nah oleh karena itu, pemerintah menjaga supaya berjalan dengan baik, terus siapa target market atau klien yang dilayani ternyata beda-beda. Saya udah lihat beberapa dari perusahaan yang melayani peer to peer lending ini dan memang jenis klien nya tuh beda-beda jadi mereka tidak bisa melayani semua kalangan seperti bank, seperti koperasi, seperti BPR (Bank kreditan Rakyat) itu kan bisa melayani hampir semua orang yang penting ada jaminannya ada dia bekerja dan ada jaminan.

Sementara untuk peer to peer lending ini tidak seperti ini jadi mereka masih sangat awal yaa, masih dalam tahap pengembangan, jadi mereka sangat berhati-hati.

Dan yang pertama yang saya perhatiin para pembisnis online ini yang dilayani ini yang dihutangi dipinjemin hutang dan ini pun statusnya jelas di market place nya gitu jadi engga sembarangan saya mau bisnis online nie mau pinjem engga bisa begitu jadi udah tercatat dan sudah berjalan berapa lama nah itu yang bisa dipinjemin.

Yang kedua ini UKM (Usaha Kecil Menengah) yang binaan perusahaan tertentu itu dia kasih pinjem.

Yang ketiga UKM yang umum ini UKM itu dibawah omset dibawah 4,8M per tahun ini disebut nya UKM yaa itu dipinjemin tuh duit. Tapi ada juga yang pinjemin umum artinya siapa ajah boleh pinjem tapi dalam jumlah nominal kecil sekali, boleh dipinjemin hanya dibawah ada yang dibawah 1juta ada malah yang dibawah 100 ribu, jadi pinjem cuman buat makan abis. Jadi yang umum ini hampir mirip-mirip sama KTA yang disediain oleh Bank.

Untuk pinjam uang di peer to peer lending ini syaratnya mudah sebenarnya, tapi ada suatu sistem filter yang filter nya ini dibilangnya semacam kayak credit report.

Credit report itu ada golongan A sampai F apa G gitu ya saya lupa. Jadi A B C D E F G berarti 6 sampai 7 level klasifikasian bahwa anda ini orang yang layak atau tidak untuk dipinjemin uang yaa. Kategori ini akan mempengaruhi besar atau kecilnya presentase dari bunga pinjaman jadi kalau anda masuk kategori A yaa otomatis yaa kalau A otomatis dapat bunga yang kecil tapi kalau yang F atau yang G mau engga mau anda bayar bunga yang cukup besar gitu.

Sangat menarik yaa sebagai alternatif untuk pinjem uang kalau bagi yang mau pinjem yaa, atau alternatif untuk berinvestasi seperti itu kita pinjamkan orang sejumlah uang daripada uang nya ditaruh di bank, mungkin sebagian uang yang ditaruh di bank itu yang bunga nya kecil, kita masukin ke peer to peer lending biar membantu orang-orang yang layak dibantu. Biarkan perusahaan peer to peer lending ini yang menseleksi peminjam nya, jadi kita bisa atasi toleransi resiko sendiri, kita melihat siapa yang akan kita pinjemin dan mereka cukup transparan laporannya seperti apa pembayarannya itu cukup bagus.

Kedepan akan sangat bagus yaa bagi anda yang mau bisnis, atau sekarang sudah jalan bisnis nya tapi masih kecil karena belum ada dana tambahan gitu yaa, anda bisa lirik peer 2 peer lending ini.

Anda bisa googling ajah peer to peer di Indonesia, dari 210 perusahaan itu yang mana kah yang paling cocok buat anda, mana yang paling cocok buat bisnis anda. Jadi anda bisa pelajari lebih dalam, jadi hari ini saya hanya bahas sekilas jadi bahwa apa sie peer to peer dan bagaimana cara kita mendapatkannya dan gambaran singkat gambaran besar yang ada okeyy.

Jadi sekian informasi tips keuangan tentang peer to peer lending dari MasterUang 5 menit, semoga anda bisa mendapat sedikit informasi.

Kalau anda suka video ini anda bisa likes dan anda juga bisa share video ini ke teman-teman, kerabat anda supaya mereka bisa dapat informasi yang sama, Deal?

Baik sampai ketemu lagi divideo berikutnya dengan Augustpepe dan Master Uang okeyy. Bye

>>>Anda takut Gempa? baca – M5-6 Memilih Asuransi yang Cocok untuk Mengcover Gempa Bumi

Salam,
Augustpepe


Subscribe Gratis ke MailingList MasterUang untuk mendapatkan Tips Keuangan Terbaru!

cukup masukan nama dan email aktif anda di formulir dibawah ini:


Subscribe Gratis ke iTunes Podcast!

Buka iTunes Podcast lalu search pakai keyword MasterUang atau klik disini!


0 responses on "M5-5 Pilihan Alternatif Hutang dan Pinjaman melalui Peer 2 Peer Lending"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X