Setup Menus in Admin Panel

M5-7 Hukuman Malu bagi Penunggak Hutang


Video Edukasi Keuangan MasterUang 5 Menit kali ini akan membahas tentang Hukuman Malu bagi Penunggak Hutang di Tiongkok.

Hallo…Hallo…Hallo…Hallo…Selamat Pagi…
Selamat bertemu lagi dengan saya Augustpepe dengan Master Uang. Apa kabar anda hari ini yaa semoga selalu sehat, selalu vit, dan selalu siap untuk cari duit okeyy.

Pagi ini saya baca sesuatu yang sangat menarik dan mengejutkan juga yaa sebenarnya. Ini ditulis dari IDM Indonesia komunity writernya namanya Ibu Elvina ini bahasnya sedikit emm bagaimana yaa baca nya agak engga enak gitu yaa. Ini kejadiannya sebenarnya di Tiongkok penunggak hutang akan dipajang di reklame yaa. Jadi ada hukuman sosial bagi penunggak hutang di Tiongkok saya baca ke bawah dan ternyata itu khususnya di Kota Sian yaa disalah satu kota yang lumayan besar di Tiongkok, Cina.

Jadi kalau kita bahas tentang hari ini video 5menit membahas tentang hutang yaa perlu engga sie atau bagaimana kalau ada hukuman hukum sosial bagi penunggak hutang perlu dipikirin juga yaa. Nah jadi hutang ini kalau ngomong hutang yaa memang sedikit sulit untuk membahasnya karena hutang ini kehidupan keuangan keluarga yaa. Sangat sedikit keluarga yang hidupnya bebas hutang. Hutang itu kadang memang kalau orang lagi butuh duit yaa berutang orangnya datangnya baik-baik, memelas, kadang-kadang menangis tapi begitu sudah dipinjemin yaa apa yang terjadi temen-temen. Dipinjemin waktunya untuk membayar hutang dan orangnya mulai ada ajah banyak alasan malah kadang yang nagih utang apa emm yang ditagih lebih galak daripada yang nagih yaa.

Jadi suatu dilema jadi suatu kesukaran kesulitan sendiri untuk menagih hutang ditlp nin engga diangkat, di WA di sms engga dijawab yaa bahkan kalau kita yang nagih udah kesel yaa pas udah tlp selamat ulang tahun pak bu ohh saya engga ulang tahun bukan bapaknya yang ulang tahun tapi jatuh tempo hutang nya okeyy. Jadi video Mater Uang 5menit ini kita bahas tentang hutang kenapa orang bisa terjadi hutang piutang gitu yaa karena biasanya tidak mampu kelola keuangan bukan karena uang nya engga cukup loh ini karena orang yang uangnya sedikit pun tetap hutang dan uang nya banyak penghasilannya banyak juga ada hutang juga yaa.

Jadi bisa juga karena tidak mampu kelola uang, orang nya engga sadar kalau jumlah pemasukan yang dia terima lebih kecil dari jumlah pengeluaran dan itu dia berlanjut terus menerus sehingga tidak sadar sudah terlibat terus menerus. Terus bisa juga orang berhutang karena unsur kesengajaan orangnya sengaja mau hutang tidak mau menggukana uang sendiri lalu menggunakan uang orang lain dan dengan sengaja tidak ada niat membayar jadi ada unsur kesengajaan yaa kita engga tau masing”individu seperti apa.

Tapi yang menarik adalah kita bahas mengenai hukum sosial yang terjadi di Tiongkok yang ditulis oleh Ibu Elvia efeknya apa nah yang udah pasti yaa efeknya kalau udah diginiin efek jera yaa supaya tidak lagi berhutang sembarangan. Tapi ini engga sembarangan maksudnya sembarangannya ini jadi tampilkan di reklame itu hukum sosialnya yaa itu berdasarkan utusan pengadilan bukannya orang hutang temen sama temen terus engga dibayar terus dipajang gitu yaa engga engga.

Jadi itu sudah masuk ke ranah hukum yaa sudah dibahas sudah ditentukan sudah harus membayar oleh putusan pengadilan orangnya tetep tidak membayar atau menunggak gitu yaa jadi untuk efek jera nya dikasih lah hukum sosial ini. Apa hukumnya jadi wajahnya di pajang aduh udah kayak iklan yaa di reklame dan reklame nya ini ditengah-tengah kota loh yang ramai gitu yaa yang ada di Sanghai. Untuk berapa lama untuk 5 hari lumaya yaa jadi semua orang bisa melihat terkenal lah wajahnya ditengah-tengah kota dan bukan cuman wajahnya jadi yang dipajang itu wajah plus identitas orangnya siapa gitu yaa dan kasusnya apa plus sama besar hutangnya besar hutang yang dia engga bayar gitu yaa.

Jadi ada wajah terus ada namanya terus ada kasusnya misalnya minjem sama sie A gitu yaa terus besar hutangnya berapa 1juta 5juta pokoknya dipajang ajah. Terus ada sanksi lain juga loh nah ini yang cukup memberatkan yang pertama adalah tidak boleh sekolahin anak ke sekolah swasta jadi diblock kalau sekarang orang berhutang masih hidup mewah apa semuanya anak”nya masih dapat bersekolah di tempat baik padahal orang tua nya ngutang dan engga bayar. Berdasarkan putusan pengadilan harus bayar tapi tetap selama ini yaa berjalan dengan biasa yaa tapi dengan hukuman sosial ini jadi beda yaa.

Pemerintah Tiongkok mengharapkan orang ini jera. Yang kedua tidak boleh menginap dihotel mewah jadi datanya beredar sampai begitu luas yaa sampai jaringan hotel pun diinformasikan untuk tidak menerima orang ini untuk cek-in dihotel yaa. Yang ketiga tidak boleh pergi berlibur mungkin kalau di Indonesia ini udah masuk ranah cekal yaa jadi orangnya mau bepergian keluar negri itu gitu jadi di imigrasis sudah di block. Jadi orang ini harus bener-bener menyelesaikan hutangnya tidak boleh kemana-mana gitu.

Jadi ini sangat lucu dan tapi juga sangat bagus gitu yaa dan saya juga engga tau bagus atau engga tapi secara hukum sosial yang bisa menimbulkan efek jera bagi orang yang sudah punya kewajiban sudah tau kewajibannya dan sudah tau hukum putusan pengadilan harusnya dia melakukan tapi dia tetep bandel dia tetep tidak melakukan. Jadi efek jera yang diharapkan pemerintah Tiongkok untuk orang-orang yang nakal ini. Jadi kebayang gk wajahnya dipajang dan kedua bukan hanya wajahnya identitas kasus dan besar hutang nya.

Dan yang ketiga adalah tidak boleh sekolahin anak, tidak boleh menginap dihotel mewah, tidak boleh pergi berlibur yaa ampe sebegitu demikian strip bgt yaa, sedemikian disiplin, sedemikian ketat hukum yang berjalan disana okey. Apakah ini akan terjadi di Indonesia? Saya tidak bisa jawab I dont know yaa mungkin kita masih apa namanya masih lebih mementingkan aspek-aspek sosial yang lainnya gitu yaa tapi kita engga tau bisa juga ini terjadi gitu yaa. Kalau terjadi pastikan kalau anda punya hutang yaa dibayar okey.

Jadi ini artikel yang cukup menarik yaa setidaknya kita tahu karena ini kembali ke kehidupan kita sehari-hari jadi harus paham. Yaa ada efek yang tidak enak terjadi ketika punya hutang dan kita tidak bayar begitu juga sebaliknya ketika kita menghutangi seseorang dan orang yang hutang itu tidak bayar okeyy. Jadi sekian video dari Master Uang 5 menit dari saya Augustpepe bagi yang suka sama video ini boleh di likes yaa atau kalau anda mau bagikan sudah tinggal share atau tag diyoutube and bisa lakukan itu.

Jangan lupa subscribe ke youtube atau ke ipad ke Itunes Podcast masukan audio anda bisa denger sambil dijalan atau lagi nongkrong-nongkrong di cafe yaa anda bisa denger. Okey baik makasih sudah dengarkan video ini dengan Augustpepe disini dengan Master Uang kita ketemu di video yang menarik berikutnya. Byee

Salam Sukses,

Augustpepe


Subscribe Gratis ke MailingList MasterUang untuk mendapatkan Tips Keuangan Terbaru!

cukup masukan nama dan email aktif anda di formulir dibawah ini:


Subscribe Gratis ke iTunes Podcast!

Buka iTunes Podcast lalu search pakai keyword MasterUang atau klik disini!


0 responses on "M5-7 Hukuman Malu bagi Penunggak Hutang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X