Setup Menus in Admin Panel

M5-9 OJK Larang Lembaga Keuangan Pakai & Pasarkan Bitcoin


OJK Larang Lembaga Keuangan Pakai dan Pasarkan Bitcoin. OJK kembali mengeluarkan himbauan bagi masyarakat agar waspada dan selalu berhati-hati terhadap bentuk investasi yang berbasis Crypto Currency ini. Pastikan anda memiliki pemahaman keuangan yang cukup agar terhindar dari kerugian finansial kedepannya.

Master Uang 5menit edisi kali ini kita bahas tentang Bitcoin. Siapa yang belum pernah denger tentang Bitcoin, bitcoin ini lagi boming banget ini sudah mulai dari 5 atau 6 tahun lalu cuman sekarang lagi heboh banget karena kenaikan harganya yang begitu dahsyat 1 hari bisa naik 10%.

Di hari ini saya baca di detik.com hari ini satu Bitcoin harganya 165juta, 1dolar berapa 13,500, I euro berapa 14ribu sekian, 1 ponsterling berapa engga nyampe 20ribu ini satu Bitcoin 165juta waww. Jadi detik.com menulis OJK larang lembaga keuangan pakai dan pasarkan bitcoin CS karena bitcoin itu ada bitcoin CS ada yang coin lain-lain juga. Kenapa sie alasan OJK melarang bitcoin kita bahas hari ini, jadi OJK larang bitcoin dipakai dilembaga-lembaga kalau kita ngomong bitcoin adalah ripo curentsy jadi curentsy yang sumber nya dirahasiakan dan bitcoin ini tidak berasal dari negara mana pun.

Jadi dia dikelola berdasarkan permintaan suplier dan diman pasar yang tidak ada rules, tidak ada regulasi, tidak ada kebijakan yang bisa menghentikan bitcoin ini. Dan bitcoin ini bermula secara virtual, virtual money jadi tidak ada fisiknya semuanya virtual. Tapi saya suka liat yaa ada coin-coin tapi engga tau yaa apa karena sudah beli satu bitcoin jadi dapat koin emas nya secara fisik atau tidak mungkin anda bisa googling nnti karena saya kurang paham dapat fisiknya apa engga. Karena hari ini saya mau bahas kenapa sie why OJK melarang why?? yang saya baca yaa kenapa sie kayaknya tuh dilarang digunakan dilembaga keuangan.

Yang pertama karena tidak ada legalitas tidak ada ijin dari otoritas yang terkait siapa yang mengeluarkan bitcoin ini dan siapa yang mempertanggung jawabkan kalau hari ini 165 besok tiba-tiba jadi 100juta siapa yang tanggung jawab. Hari ini punya uang 165juta besok bisa 100juta tapi jangan lupa besoknya lagi bisa 200juta jadi otoritas mana yang memberikan legalitas ini nah OJK masih tidak melihat ini jadi melarang.

Yang kedua rawan, rawan apa rawan digunakan untuk transaksi-transaksi nilai jual apa itu ilegal apa itu ilegal mungkin pencucian uang. Uang dari hasil yang engga jelas bisa diputar-putar dibeliin bitcoin dijual lagi dalam bentuk lain akhirnya uangnya tersamarkan dicuci gitu yaa nah ini yang dikhawatirkan karena tidak jelas sumber nya darimana. Terus bisa juga ngerinya untuk pendanaan terorisme ini yang OJK khawatirkan makanya kenapa OJK larang penggunaan bitcoin dilembaga keuangan. Kalau kita sendiri yang mau pakai gimana ada juga sie masalah, udah ada anjuran untuk himbauan untuk tidak bertransaksi menggunakan bitcoin.

Yang ketiga adalah ini membuka peluang, peluang apa?peluang bisnis?bukan ini peluang penipuan atau kejahatan yang targetnya nanti masyarakat luas. Karena kalau kita pegang sesuatu yang legalitasnya tidak jelas yaa siapa yang mau tanggung jawab kalau ini sampai ada sesuatu masalah gitu kan engga ada yang pantau, engga ada yang mengatur jadi siapa yang akan mau tanggung jawab gitu. Jadi kalau sampai ada terjadi peluang penipuan atau kejahatan masyarakat otomatis pemerintah turun tangan dong. Jadi banyak engga orang yang treding dibitcoin ini saya sie melihatnya banyak ya anime nya banyak apalagi sekarang bitcoin ini diperdagangkan secara online baik itu diluar negri atau dalam negri kita engga tau.

Tapi yang saya tau diluar negri itu ada nama-nama bursa nya untuk kita jual beli atau penukaran bitcoin. Jadi tapi di Indonesia saya belum melihat sie katanya dulu sie 5 tahun lalu kalau saya engga salah baca akan ada ATM, akan ada hotel yang menerima bitcoin, supermarket pokoknya itu layaknya pembayaran seperti kartu kredit dll. Tapi sejauh ini sie saya jarang yaa kalau saya tinggal di Jakarta saya jarang liat toko yang tulisannya menerima bitcoin jarang yaa mungkin belum ada kali atau mungkin masih tersembunyi gitu yaa hanya orang-orang tertentu ajah kali ya yang tau mungkin saya kurang gaul kurang banyak main gitu yaa.

Jadi hari ini kita bahas tentang bitcoin yang semuanya itu virtual jadi tidak ada yang kontrol jadi hanya bener-bener supply demand diatur secara mekanisme pasar ini yang diharapkan dari transaksi bitcoin ini. Kenapa OJK melarang? Karena yang pertama tidak ada legalitas jadi otoritasnya siapa nanti ujung-ujung nya pertanggungjawabannya tidak jelas kalau mau nuntut nuntut siapa, kalau mau minta pertanggungjawaban ke siapa nah itu yang dikhawatirkan. Yang kedua salah digunakan untuk transaksi ilegal atau penggunaan dana teroris.

Ini negara kita kan sangat memantau jangan sampai kejahatan atau terorisme ada atau berlangsung menimbulkan kecemasan masyarakat dan efeknya pada perekonomian keseluruhan masyarakat juga. Yang ketiga adalah membuka peluang, peluang penipuan dan peluang kejahatan karena engga tau orang bisa ajah bilang A B C tapi begitu ditanya legalitas tidak ada terus mau kemana klaimnya engga tau juga nah terus terjadi bisa membuka peluang penipuan dan kejahatan. Jadi alangkah baiknya berhati-hati jangan uang hasil keringet dimasukin ke suatu transaksi yang tidak jelas yang bisa menguap begitu saja.

Akan lebih baik kalau saran dari saya pakai uang secara bijak tempatkan uang ditempat-tempat yang sudah kita tau kalau kita sudah bisa mengawasi, memonitor sehingga kita tahu kalau uang kita kemana kita tau kemana kita harus lapor, kemana kita harus klaim, kemana kita harus minta pertolongan okey. Jadi video Master Uang 5menit ini kita bahas bitcoin sampai disini bagi anda yang tertarik dengan bitcoin silahkan googling sendiri untuk lebih paham lagi okey.

Jadi bagi anda yang suka video ini anda boleh likes, boleh share juga tinggal modal klik share ajah gitu doank yaa jadi banyak orang tau tentang Master Uang 5menit dan makin cepet visi misi master uang untuk mengedukasi satu juta keluarga untuk cakap kelola finansial.

Okey dengan saya Augustpepe disni dengan Master Uang sampai ketemu divideo-video selanjutnya jangan lupa subscribe juga iTunes Podcast kami dengan headline kami Master Uang okey. Sampai ketemu divideo-video selanjutnya saya Augustpepe dan Master Uang sampai ketemu. Bye..

Salam Sukses,
Augustpepe


Subscribe Gratis ke MailingList MasterUang untuk mendapatkan Tips Keuangan Terbaru!

cukup masukan nama dan email aktif anda di formulir dibawah ini:


Subscribe Gratis ke iTunes Podcast!

Buka iTunes Podcast lalu search pakai keyword MasterUang atau klik disini!


0 responses on "M5-9 OJK Larang Lembaga Keuangan Pakai & Pasarkan Bitcoin"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X