Setup Menus in Admin Panel

Pemahaman yang Kurang Benar tentang Asuransi Jiwa Unit-Link

Produk ini investasi yang pasti untung

Jika anda bertemu dengan agen asuransi yang menawarkan produk asuransi Unit-Link, tapi dengan iming-iming penjelasan keuntungan investasi, sebaiknya anda berhati-hati.

Orang ini hanya akan memakai ilustrasi proyeksi nilai tunai yang tidak dijamin untuk menyakinkan anda bahwa keputusan anda membeli produk Unit-Link akan memberikan keuntungan yang pasti dikemudian hari. Ini salah besar!

Anda membeli produk asuransi Unit-Link untuk tujuan proteksi dan perlindungan, bukan untuk investasi. Walaupun ada dana yang diinvestasikan di dalam polis, tapi tujuannya untuk kelangsungan polis anda, bukan untuk investasi seperti yang kebanyakan orang pikirkan.

Mintalah bukti kepastian untung tersebut yang tercetak di dalam polis. Jika mereka tidak bisa menunjukkan, maka mintalah opini kedua dari agen asuransi lain yang anda kenal.

Janganlah mudah tergiur dengan janji-janji keuntungan investasi yang pasti. Anda bisa masuk perangkap yang hanya akan menguras uang anda nantinya.

Nilai tunai dijamin sesuai ilustrasi

Jika anda perhatikan disetiap ilustrasi asuransi Unit-Link, maka anda akan menemukan tulisan: “Proposal ini hanya sebuah ilustrasi, bukan suatu kontrak asuransi”.

Ini menjadi bahan pegangan anda bahwa semua angka yang tertera didalam sebuah proposal masih bersifat ilustrasi, sampai pada hari pencetakan polis, barulah kontrak anda resmi terhadap perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi hanya menjamin nilai yang tertera pada manfaat asuransi dasar dan asuransi tambahan saja, sementara untuk nilai tunai diserahkan kepada mekanisme pasar yang fluktuatif dan berubah-ubah setiap harinya.

Bayar 10 tahun saja, selanjutnya tinggal nikmati

Sebagai nasabah yang sudah memahami adanya biaya-biaya atas polis yang anda beli, maka anda segera mengerti bahwa membayar premi hanya terbatas 10 tahun adalah hal yang tidak benar.

Nasabah perlu membayar premi sesuai kemampuan sampai terkumpul nilai tunai yang cukup untuk dijadikan cadangan yang akan dipakai untuk membayar biaya asuransi dasar dan biaya asuransi tambahan berserta biaya admin yang dibebankan setiap bulan selama nasabah membutuhkan manfaat proteksi tersebut.

Ketika anda berhenti membayar dan apalagi pernah melakukan penarikan dana yang cukup besar dari polis anda, maka ada kemungkinan besar nilai tunai di polis anda tidak akan mencukupi untuk pemakaian jangka panjang. Dan besar kemungkinan, anda akan diminta untuk membayar premi kembali atau melakukan penambahan dana (Top up) dikemudian hari.

Dua tahun pertama uang tidak bisa ditarik

Nilai tunai yang bisa ditarik sangat bergantung pada besar premi yang anda tentukan. Untuk nasabah dengan premi yang cukup besar, ada kemungkinan tersedia dana yang bisa ditarik ditahun pertama atau kedua, namun kembali lagi kepada ketentuan dari masing-masing perusahaan asuransi.

Untuk premi yang tidak terlalu besar atau cenderung kecil, maka kemungkinan besar tidak ada dan tidak tersedia nilai tunai yang bisa ditarik ditahun-tahun awal kepesertaan.

Uang tidak sesuai setoran di awal-awal

Seperti yang sudah saya jelaskan di bab sebelumnya, bahwa asuransi jiwa Unit-Link ini mengenakan biaya akuisisi di tahun-tahun awal anda bergabung sebagai nasabah.

Besaran biaya akuisisi berbeda-beda antara perusahaan yang satu dan yang lainnya.

Nilai tunai yang tertera pada rincian transaksi polis nasabah biasanya hanya berasal dari dana hasil alokasi investasi saja.

Siapa saja bisa masuk jadi nasabah yang Penting Punya Uang

Produk asuransi Unit-Link ini memang bisa dibeli oleh semua orang dari mulai usia 0 tahun hingga 70 tahun, namun seperti produk asuransi pada umumnya, ada tahapan screening dan filtering yang berlaku, dikenal dengan sebutan proses underwritting.

Selain punya kemampuan untuk membayar premi, nasabah juga harus menyatakan tingkat kesehatan tubuhnya secara jujur pada formulir pengajuan yang disiapkan. Pada kondisi kesehatan yang baik, anda bisa diterima sebagai nasabah, namun pada kondisi kesehatan yang kurang baik dan cenderung beresiko tinggi dimasa depan, maka kemungkinan besar anda bisa ditolak untuk memiliki produk asuransi Unit-Link ini.

Anda memang membayar premi dengan uang,
Tapi anda membeli produk ini dengan kesehatan.

Belilah produk asuransi unit-link ini ketika perusahaan asuransi masih mau menerima anda, sebab jika mereka sudah mengkategorikan anda sebagai orang yang beresiko tinggi, maka berarti anda sudah terlambat.

Titip uang premi sama agen lebih mudah

Sebuah kebijakan telah diambil oleh kebanyakan perusahan asuransi untuk melarang agen nya terima titipan uang premi dari nasabah.

Tidak sedikit kita mendengar kejadian yang kurang mengenakan yaitu uang premi nasabah ada yang dibawa lari oleh agen asuransinya.

Hindari resiko yang tidak perlu terjadi kepada diri anda seperti ini, dengan memastikan hanya melakukan pembayaran premi baik yang pertama dan premi lanjutan langsung kepada perusahaan asuransi, bisa melalui atm atau transfer antar rekening bank. Atau anda bisa memilih jenis pembayaran lain seperti autodebit kartu kredit atau rekening bank.

Tarik Uang di Polis Asuransi Kena Banyak Potongan

Pada dasarnya setiap penarikan yang nasabah lakukan dari nilai tunai polis asuransi nya tidak dikenakan biaya apapun, selama yang anda tarik jumlah yang sesuai dengan nilai tunai yang tersedia.

Banyak terjadi nasabah membandingkan antara jumlah uang yang disetorkan selama polis aktif dan nilai tunai yang tersedia diperiode tertentu. Seperti kita tahu, polis asuransi Unit-Link ini mengenakan biaya-biaya di tahun-tahun awal polis aktif, sehingga antara jumlah setoran dan saldo nilai tunai tidaklah sama.

Urus Klaim nya Susah Banget

Salah satu kewajiban perusahaan asuransi adalah membayar setiap pengajuan klaim yang menjadi hak nasabah.

Perusahaan asuransi manapun menerapkan prinsip ini kepada setiap nasabahnya. Dan jangan lupa untuk melibatkan agen asuransi anda untuk membantu pengurusan klaim anda.

Tugas agen asuransi pada dasarnya ada 2, yaitu yang pertama membantu menjelaskan kepada anda manfaat yang anda perlukan untuk dibeli. Yang kedua, adalah untuk memastikan bahwa klaim anda sesuai prosedur dan dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

Libatkan agen asuransi anda dalam proses klaim asuransi anda.

Klaim tidak dibayar oleh perusahaan asuransi

Perusahaan asuransi memang berhak untuk tidak membayar klaim yang dianggap tidak memenuhi kriteria pembayaran klaim.

Contoh kasusnya:
Polis dalam keadaan lapse/gugur, sehingga klaim tidak bisa dibayarkan
Manfaat proteksi yang diklaim nasabah tidak tertera didalam polis
Manfaat proteksi masih dalam masa tunggu polis
Klaim tidak ditemukan karena ditemukan indikasi kejahatan atas polis
Klaim tidak dibayarkan karena ada informasi atau data yang tidak diungkapkan secara jujur oleh nasabah pada saat pengajuan asuransi jiwa.

Pastikan waktu anda mengisi formulir pengajuan asuransi sudah diisi dengan informasi yang benar dan jujur. Dan perhatikan manfaat polis yang anda miliki dan ketentuan klaimnya sebelum mengajukan klaim ke perusahaan asuransi.

Mau Upgrade Manfaat Aja Susah

Proses underwritting atau seleksi nasabah berlaku untuk setiap perubahan polis yang sifatnya menambah manfaat atau mengambil sebuah manfaat baru.

Jadi jangan heran apabila proses upgrade polis anda akan diproses seperti pengajuan awal. Yang penting selama anda sehat dan bisa membuktikan bahwa diri anda sehat dan layak untuk dipertanggungkan, maka anda hanya tinggal tunggu prosesnya berjalan.

Bayar klaim tidak sesuai janji di awal

Selisih besar pembayaran klaim bisa terjadi karena beberapa hal. Bisa juga karena perbedaan definisi atau kelas tindakan yang dilakukan oleh dokter di rumah sakit dengan apa yang tertera di dalam klausa polis. Dalam hal ini, ketentuan polis yang berlaku.

Contoh kasus:
Tindakan pembedahan dengan menggunakan alat bantu berupa Mesin / Robot di rumah sakit dianggap kelas tindakan menengah, sementara jika mengikuti klausa polis masih dianggap kelas tindakan kecil, sehingga klaim dibayarkan sesuai ketentuan polis.

Agennya hilang gak bisa dihubungi

Ada banyak kemungkinan hal ini bisa terjadi, mungkin saja agen anda sudah meninggal dunia, atau pindah keluar negeri atau berganti profesi. Namun akan lebih baik jika mereka mengabari anda sewaktu tidak bisa melayani anda lagi.

Namun hampir semua perusahaan asuransi menerapkan prinsip eskalasi dan penujukkan untuk melayani nasabah yang agennya tidak aktif lagi. Anda bisa mencoba menghubungi ke bagian layanan pelanggan dan mencari tahu siapa agen asuransi pengganti yang ditunjuk untuk anda.

 

>>>>>>baca juga Ada Peluang Besar di Balik Bisnis Asuransi Jiwa dan Mengapa Banyak Orang Melirik

 

Apabila anda butuh bantuan dalam menentukan asuransi jiwa atau kesehatan yang terbaik untuk melindungi anda dan keluarga. Saya dengan senang hati bisa membantunya.

Hubungi August di hp/wa: 0815-91-633-59
Daftar member Gratis di: https://goo.gl/Yrngbn
Konsultasi keuangan gratis di: https://goo.gl/gpyMra

0 responses on "Pemahaman yang Kurang Benar tentang Asuransi Jiwa Unit-Link"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

top
MasterUang.Com
error: Content is protected !!
X